Kamis, 21 Mei 2020

Resensi Buku Teologi Perjanjian Baru 1 (Donald Guthrie)

RESENSI BUKU
“TEOLOGI PERJANJIAN BARU 1”






A. Pendahuluan
        Identitas Buku  
            Judul Buku                  : Teologi Perjanjian Baru 1
            Penulis                         : Donald Guthrie
            Penerjemah                  : Lisda Tirtapraja Gamadhi,dkk.
            Judul Asli                    : New Testament Theology.
            Tahun Terbit                : 2008
            Penerbit                       : BPK Gunung Mulia
            Jumlah Halaman          : 496 Halaman
            Jumlah Bab                 : 17 Bab
       Tujuan Buku Ini Ditulis
            Buku ini ditulis dan dipersembahkan kepada para pembaca dengan harapan akan membantu para dosen, mahasiswa, pendeta dan guru untuk memahami dan menerangkan Perjanjian baru dalam konteks saat ini.
       Keunggulan Buku
            Buku ini memiliki beberapa keunggulan antara lain: dalam struktur pembahasannya, diatur sesuai dengan tema-tema utama Perjanjian Baru, bahasa yang mudah dipahami meskipun ada beberapa kosa kata yang sulit untuk dimengerti, dengan adanya bantuan dari daftar singkatan dan juga transliterasi bahasa Ibrani dan Yunani membantu pembaca dalam memahami kosa kata yang sulit dipahami.
B. Rangkuman Gagasan Utama
            Dalam buku Teologi Perjanjian Baru 1 ini membahas tiga tema utama dalam Perjanjian Baru, yakni: Allah, Manusia dan dunianya, serta Yesus Kristus (Kristologi). Sebelum masuk dalam pembahasan tiga tema utama yang sudah disebutkan tadi, buku ini memulainya dengan pendahuluan yang membahas atau lebih mengingatkan kita kembali tentang latar belakang Perjanjian Baru.
            Setelah Pendahuluan maka masuklah dalam tema yang pertama mengenai Allah, penulis buku ini mengungkapkan bahwa tema yang harus diajarkan ialah Allah, karena Allah merupakan dasar bagi setiap teologi “yang berpusat pada Allah”. Dalam bagian ini diuraikan secara garis besar mengenai peranan dan sifat-sifat Allah seperti yang sudah digambarkan dalam Perjanjian Baru.
       Setelah tema mengenai Allah maka Tema selanjutnya ialah Manusia dan dunianya, tema manusia dan dunianya ini terbagi dalam empat bab yang secara garis besar bukan hanya membahas manusia dan dunia saja, tetapi termasuk kodrat manusia, lingkungan hidup manusia serta kebutuhan dasar manusia dalam hubungannya dengan Allah, dan semua itu  dibahas dalam pandangan Perjanjian Baru.
       Dan tema yang terakhir ialah Yesus Kristus atau yang kita kenal Kristologi, dalam Tema Yesus Kristus ini terbagi dalam 10 bab, dimana secara garis besar menguraikan tentang sifat Yesus Kristus, Gelar-gelar Kristologis, syair-syair pujian tentang Kristus, dan peristiwa-peristiwa Kristologis.
C.Evaluasi Kritis dan Rekomendasi
       1. Evaluasi Kristis
            Buku ini  masih sangat baik dan sangat relevan untuk dipelajari hingga saat ini, dilihat dari tata bahasa yang digunakan oleh buku masih terbilang mudah dipahami dan cocok bagi dosen, mahasiswa, pendeta atau bahkan guru yang mau mempelajari tentang buku ini, meskipun ada beberapa kosakata yang sangat susah dipahami, namun lewat bantuan daftar singkatan dan transliterasi bahasa Ibrani dan Yunani yang diberikan oleh penulis ini sangat membantu pembaca dalam memahami kosakata yang dimaksud.
           Struktur dari buku ini tersusun rapi disertai dengan penjelasan-penjelasan yang diberikan cukup jelas dan bisa dimengerti dengan baik, juga setiap teori-teori yang dijelaskan dalam buku ini bisa menambah pengetahuan baru atau memperkuat pengetahuan kita lewat buku ini.
       2. Saran dan Masukan
            Saran untuk membaca buku ini, harus membaca dengan pelan dan juga dengan teliti, sehingga bagian-bagian yang sangat susah untuk dimengerti dapat dipahami, jangan mengabaikan daftar singkatan dan transliterasi yang ada dalam buku ini, karena itu akan membantu pembaca untuk mengerti kosakata yang susah dipahami.
            Masukan untuk siapapun yang membaca buku ini, secara khusus untuk mahasiswa yang menawar mata kuliah Teologi Perjanjian Baru, buku ini bisa dijadikan salah satu pedoman dalam mempelajari mata kuliah Teologi Perjanjian Baru secara khusus Teologi Perjanjian Baru 1.

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar